Error Prevention adalah pencegahan kesalahan, artinya sistem harusnya
memberikan suatu interaksi pencegahan kepada user ketika melakukan
kesalahan dalam sistem sehingga user dapat berhati-hati dalam melakukan
tindakan lanjutan. Prinsip ini mengetengahkan bagaimana sistem menangani error, sehingga
pengguna dapat mengerti mengapa error terjadi, dan sistem dapat
menangani error dengan desain yang baik yang menggunakan bahasa yang
mudah dipahami sehingga pengguna dapat lebih berhati-hati dalam
melakukan tindakan selanjutnya. Berikut beberapa kesalahan yang terjadi pada website rumahmainan.com yang saya dapat jabarkan :
Tidak terdapat pilihan pembatalan ketika melakukan penghapusan item pada keranjang belanja
Pada rumahmainan.com terdapat fitur keranjang belanja. Pada fitur ini user dapat menempatkan item
yang ingin dibeli dan melihat total harga dari keseluruhan barang yang
dibeli. Selain itu user dapat melakukan penambahan dan penghapusan item yang ada pada keranjang belanja. Namun terdapat kekurangan pada fitur ini yaitu, saat user melakukan penghapusan item pada keranjang belanja, tidak ada sebuah notifikasi yang menanyakan apakah user benar-benar ingin melakukan penghapusan atau tidak. Hal ini agak menyulitkan apabila user melakukan kesalahan, item yang sebenarnya tidak user kehendaki untuk dihapus malah terhapus. Sehingga user harus mencari lagi item yang dimaksud untuk kemudian memasukkannya kembali ke keranjang belanja.
Tidak terdapat konfirmasi juga user melakukan penghapusan salah satu item pada daftar belanja |
Item yang dihapus langsung dihapus oleh sistem tanpa memberi konfirmasi |
Solusi yang dapat diberikan yaitu menambahkan sebuah notifikasi setiap user akan melakukan penghapusan. Sistem memberikan sebuah pertanyaan konfirmasi kepada user apakah user benar-benar akan menghapus item. Dengan memberikan opsi seperti ini, diharapkan user dapat melakukan pencegahan saat terjadi kesalahan.
Berdasarkan severity of usage problem menurut Jakob Nielsen,
kesalahan ini diklasifikasikan pada skala 2, dimana kesalahan yang terjadi merupakan masalah usability minor dan memiliki prioritas yang rendah untuk diperbaiki. Kesalahan tersebut agak mengganggu dan mempengaruhi kerja user. Maka dari itu akan lebih baik jika hal tersebut diperbaiki.
-------------------------------------------------------------------------------
Tidak terdeteksinya kesalahan pada pengisian alamat email dan nomor telepon pada proses registrasi akun
Saat user melakukan transaksi, user diharuskan
memiliki akun terlebih dahulu untuk melanjutkan proses tersebut. Namun terdapat kesalahan pada sistem dalam memproses fungsi registrasi. Ketika user memasukkan alamat email dan nomor telepon yang tidak sesuai.
Alamat email dan nomor telepon yang dimasukkan tidak sesuai format |
Sistem menerima format tersebut dan memasukkannya pada database. Padahal format yang dimasukkan tidak sesuai.
Sistem menerima format yang salah dan tidak ada konfirmasi bahwa format tersebut salah |
Solusi yang dapat diberikan yaitu ada sebuah konfirmasi pencegahan dari sistem saat user salah memasukkan
format yang diminta. Dan membuat nomor telepon hanya bisa diisi
angka saja, tidak dapat diisi karakter lain. Begitu juga dengan pengisian email, walaupun telah dituliskan agar menuliskan
format yang sesuai, akan lebih baik jika sistem menolak saat format yang
dimasukkan salah.
Berdasarkan severity of usage problem menurut Jakob Nielsen,
kesalahan ini diklasifikasikan pada skala 4, dimana kesalahan yang terjadi merupakan kesalahan yang sangat fatal. Sistem harusnya bisa mencegah kesalahan ini karena registrasi pada rumahmainan.com sangat penting untuk proses jual beli. Akan sangat merugikan jika kesalahan ini terus dibiarkan dan tidak secepatnya diperbaiki.
5 comments:
setuju bang rama, seharusnya pengembang web membuat no telpon hanya bisa diisi dengan format nomer saja, agar tidak mereotkan bagi admin untuk proses selanjutnya, pengiriman.
Terima kasih bang ardhi atas komentarnya... memang seharusnya begitu dengan membuat no telepon hanya bisa diisi dengan format nomor saja, pengelola juga tidak akan susah payah jikalau ada pelanggannya yang ingin membeli suatu barang..
Setuju banget sama Rama, kalau tidak ada konfirmasi kalau itemnya sudah dihapus kadang membuat User nya sendiri itu bingung sudah terhapus atau tidak sehingga butuh waktu untuk mengkonfirmasi sendiri apakah sudah terhapus oleh sistem atau tidak.
Untuk email selain format harus benar, akan lebih bagus jika terdapat pengecekan apakah email tersebut memang email aktif
Awalnya aku hanya mencoba2 bertogel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku mencari jalan pintas meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasi sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang dukun.yang ternyata alhamdulillah dengan seisin gusti Allah dengan lantaran OM AGUS aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan OM AGUS dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,sawdara bisa membuktikan sendiri silahkan hubungi OM AGUS di no (085-397-766-615) yg penting anda yakin dan percaya dan jgn samakan dgn peramal yg lainnya seperti ki ronggeng,mba sugem ki nugroho mba jombrang dll.saya sdh berkali2 menghubungi peramal yg lainnya seperti aki2 dan mba2.tapi cuma mengecewakan saya dan menipu saya.tapi kali ini saya sudah betul2 percaya bahwa peramal asli itu memang betul memang ada yaitu OM AGUS.insya allah OM AGUS tdk mengecewakan anda.terima kasih yg punya ROOM
Post a Comment