Visibilitas dari status sistem menurut Nielsen adalah sistem yang selalu menginformasikan kepada pengguna apa yang sedang terjadi,
melalui pesan yang baik dan waktu yang sesuai. Berikut beberapa kesalahan yang terjadi pada website rumahmainan.com yang saya dapat jabarkan :
User tidak dapat mengetahui halaman yang sedang diakses dikarenakan penanda halaman aktif yang tidak ada
Website yang baik seharusnya memberi penanda kepada user, halaman mana yang sedang diakses oleh user. Tetapi pada website rumahmainan.com hal ini tidak didapatkan oleh user. Contoh: Jikalau user mengunjungi website rumahmainan.com, user akan langsung dihadapkan pada halaman utama website tersebut. Saat user memilih salah satu halaman pada "kategori produk" misalkan "Mainan Edukatif", user akan dibawa ke halaman "Mainan Edukatif". Dan pada saat user berada pada halaman "Mainan Edukatif", tidak terdapat sebuah informasi bahwa user sedang berada pada halaman tersebut selain url yang menunjukkan user berada pada halaman tersebut. Setidaknya dengan adanya penanda, user akan dipermudah untuk mengetahui halaman mana yang sedang diaksesnya.
Halaman pada rumahmainan.com tidak memiliki penanda halaman yang aktif |
Rekomendasi yang dapat saya berikan adalah sebaiknya diberikan penanda halaman aktif pada website rumahmainan.com sehingga user mengetahui halaman yang sedang diaksesnya. Selain ini juga pemilihan warna halaman aktif juga diperhatikan agar bisa dilihat mudah dan jelas oleh user. Misalnya pada halaman tidak aktif diberikan warna hijau gelap sesuai warna sebelumnya sedangkan halaman aktif diberi warna hijau terang.
Dalam hal ini skala rating untuk severity of usage problem
yang diberikan adalah 2, dimana masalah yang terjadi termasuk masalah usability minor yang memiliki prioritas untuk diperbaiki rendah. Masalah yang terjadi masih dapat ditolerir karena user masih dapat mengira-ngira halaman yang sedang diaksesnya atau halaman aktif.
Penulisan pesan balasan pada comment yang kurang baik dalam penempatannya
Pada rumahmainan.com user dapat menggunakan fitur comment untuk berkomunikasi atau komentar. Namun masih terdapat masalah diantaranya pesan balasan dari pengelola. Contohnya saat user menulis sebuah pesan dan pengelola membalas pesan, pesan balasan yang disampaikan masih terlihat seperti komentar baru oleh user yang bertanya.
Pesan balasan dari pengelola yang membalas pesan seorang user |
Pesan balasan oleh pengelola yang terlihat pada gambar diatas masih terlihat seperti pesan/komentar baru oleh user yang berbeda sehingga user yang bertanya/komentar tidak dengan mudah mengetahui apakah komentar baru dari pengelola merupakan pesan balasan untuk user tersebut.
Akan lebih baik apabila pesan balasan dari pengelola diposisikan pada bawah komentar user dengan jarak dari baris komentar user 1 tab sehingga pesan balasan akan menjorok lebih ke kanan daripada komentar utama user.
Berdasarkan severity of usage problem menurut Jakob Nielsen, kesalahan ini diklasifikasikan pada skala 3, dimana kesalahan yang terjadi merupakan masalah usability mayor dan memiliki prioritas yang tinggi untuk diperbaiki. Kesalahan yang terjadi menyulitkan user dan butuh segera diperbaiki untuk memudahkan komunikasi antara user dengan pengelola.
-------------------------------------------------------------------------------
Notifikasi kesalahan penulisan pesan pada fitur komentar
Komentar merupakan salah satu fitur pada rumahmainan.com, dimana user dapat menggunakannya untuk berkomunikasi atau komentar dengan pengelola. Tetapi pada sistem terdapat kesalahan yang terjadi yaitu
memberikan notifikasi yang seadanya pada user saat user salah dalam memasukkan input dan penempatan posisinya kurang baik. Contohnya saat user menulis sebuah komentar namun hanya mengisi kolom komentar dengan beberapa huruf.
Fitur Komentar |
Pesan error yang ditampilkan pada posisi paling atas halaman |
Sistem akan memberikan respon error dan peletakan error dari sistem juga tidak pada tempatnya. Pesan error diletakan di atas halaman yang membuat sebagian user tidak melihatnya dan menyangka tidak ada notifikasi kesalahan pengisian form komentar.
Saran yang dapat diberikan yaitu lebih baik apabila pesan error yang diberikan oleh sistem ditempatkan pada bagian paling atas atau paling bawah form komentar agar user dapat langsung melihat pesan error tersebut.
Dalam hal ini skala rating untuk severity of usage problem yang diberikan adalah skala 3, dimana kesalahan yang terjadi merupakan masalah usability mayor dan memiliki prioritas yang tinggi untuk diperbaiki. Kesalahan yang terjadi menyulitkan user dan butuh segera diperbaiki.
9 comments:
Saya setuju dengan pendapat analis, karena tata letak penulisan komentar memang kurang rapi dan kurang menarik. Kalau bisa memang pengembang dari web tersebut lebih teliti lagi sebelum mempublish...
saya setuju dengan penulis pada masalah ketiga, pesan error lebih baik diletakkan disamping input yang error daripada di atas halaman. nice review :)
saya setuju dengan ramdhanpohan yang setuju dengan pendapat analis.
menurut saya pendapat yang ketiga masih termasuk ke dalan Skala rating tingkat 2 dikarenakan user masih bisa menyadari kesalahan yang diberikan, namun memang kesalahan yang terjadi cukup mengganggu apabila dilihat,
menurut saya pendapat yang ketiga masih termasuk ke dalan Skala rating tingkat 2 dikarenakan user masih bisa menyadari kesalahan yang diberikan, namun memang kesalahan yang terjadi cukup mengganggu apabila dilihat,
Mungkin untuk penanda halaman, pembuat sistem dapat menambahkan breadcrumbs agar pengguna dapat mengetahui posisi mereka ada dimana ketika menggunakan sistem.
Saya setuju dengan saudara rama pada kasus yang kedua karena notifikasi yang seadanya itu terkadang akan diabaikan dengan oleh user karena tidak terlihat
Saya setuju dengan saudara rama pada kasus yang kedua karena notifikasi yang seadanya itu terkadang akan diabaikan dengan oleh user karena tidak terlihat
Penanda halaman aktif wajib ada!
Post a Comment